Pages

Wednesday, February 6, 2013

7 Tips agar tetap termotivasi dalam berlatih fitness

Fitness tidak berarti harus membosankan. Anda tetap bisa termotivasi dengan menyusun tujuan dan memilih aktifitas latihan yang Anda sukai.

Pernahkah Anda memulai latihan kebugaran dan kemudian berhenti..?

Jika jawaban Anda ya...., Anda tidak sendiri. Banyak orang yang memulai program kebugaran tetapi berhenti ketika mereka merasa bosan, ataupun hasil yang didapatkan terlalu lama. Namun hal tersebut tidak perlu terjadi lagi. Berikut adalah 7 tips untuk membantu Anda tetap termotivasi.

1. Tentukan tujuan.



Mulailah dgn tujuan yang sederhana, kemudian kembangkan untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi atau jangka panjang. Ingatlah untuk membuat tujuan Anda secara realistis dan mampu untuk dicapai.

Akan mudah mengalami perasaan putus asa dan menyerah jika tujuan Anda terlalu ambisius. Sebagai contoh : jika Anda belum pernah melakukan latihan, Anda bisa menentukan tujuan jangka pendek yaitu dgn berjalan kaki selama 10 menit sekali atau 2 kali sehari.

Tujuan jangka menengah seperti berjalan kaki selam 20 menit selama 3 atau 4 kali dalam seminggu. Kemudian tujuan jangka panjang dgn melakukan berjalan kaki sejauh 5 km.

2. Buatlah menjadi menyenangkan.

Temukan jenis olahraga atau aktifitas yang bisa Anda nikmati, kemudian kombinasikan rutinitas tersebut untuk menjaga Anda tetap fokus pada tujuan. Jika Anda tidak menikmati latihan Anda, cobalah sesuatu yang berbeda.

Mungkin bergabung dgn liga bola volly ataupun sepakbola. Mengambil kelas yoga, bergabung dgn klub kesehatan ataupun kegiatan seni beladiri.

Temukan potensi atletik Anda yang terpendam. Ingatlah, latihan tidak selamanya harus membosankan. Dan Anda akan tetap menikmati program kebugaran bila Anda membuatnya menyenangkan.

3. Jadikan aktifitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda.

Jika merasa kesulitan untuk menentukan waktu latihan , jangan langsung untuk mengurungkan niat Anda. Jadwalkan latihan Anda sebagaimana aktifitas penting Anda, Anda juga bisa melakukan latihan fisik ditengah-tengah kegiatan harian Anda.

Jadilah kreatif...!

Berjalan kakilah ketika Anda pergi tidak terlalu jauh dari rumah, memilih naik tangga daripada elevator, mengayuh sepeda atau melakukan latihan penguatan dengan alat ketika Anda tengah menonton televisi di malam hari.

4. Catat di kertas.

Apakah Anda berharap mengurangi berat badan, menginginkan tubuh yang langsing dgn sedikit lemak..? Menambah tenaga..? Ingin tidur lebih nyenyak..? Mengatasi masalah kronis..?

Tuliskan saja semuanya..!

Melihat hasil dari latihan rutin dicatatan, mungkin bisa membantu Anda tetap termotivasi. Akan sangat membantu jika Anda tetap membuat catatan harian latihan Anda. Catat apa yang Anda lakukan pada tiap sesi latihan, berapa lama Anda latihan, dan apa yang Anda rasakan sesudahnya.

Mencatat kegiatan Anda dapat membantu untuk pencapaian tujuan Anda. Dan juga mengingatkan Anda jika telah mengalami peningkatan.

5. Bergabunglah dgn teman, tetangga, atau yang lain.

Anda tidak sendiri dalam hal ini. Undanglah teman atau rekan kerja Anda ketika melakukan latihan. Berlatihlah dgn pasangan ataupun orang yang Anda sayangi.

Bermain bola dgn anak, membentuk sebuah kelompok dgn tetangga untuk mengikuti kelas kebugaran dipusat kebugaran tempat Anda tinggal.

6. Hadiahi diri Anda.

Di setiap sesi latihan, luangkan beberapa saat untuk menikmati perasaan menyenangkan yang latihan Anda berikan. Ini adalah suatu penghargaan dari dalam diri Anda untuk membantu Anda tetap memegang komitmen jangka panjang melakukan latihan.

Penghargaan dari luar membantu juga. Ketika Anda telah berhasil dgn sebuah target, manjakan diri Anda dgn sepasang sepatu baru atau musik favorit untuk lebih menikmati latihan Anda.

7. Jadilah fleksibel.

Jika Anda terlalu sibuk atau tidak berminat untuk latihan, jangan memaksakan diri. Istirahatlah sehari atau 2 hari.

Bersikap lembutlah pada diri sendiri bila Anda ingin beristirahat. Hal terpenting adalah untuk dapat segera kembali ke jalur latihan secepat yang Anda bisa.

Dan ketika Anda mulai antusias lagi, mulailah berlatih...!

Tentukan tujuan, buatlah menyenangkan dan berikan diri Anda motivasi dari waktu ke waktu. Ingatlah aktifitas fisik untuk kehidupan. Ulangi tip-tip ini kapanpun Anda merasa motivasi Anda menurun.

Suka artikel ini, klik tombol di bawah..

No comments:

Post a Comment